Wednesday, February 17, 2016

Bos KAI Dorong Pemerintah Bangun Jalur Ganda Di Luar Jawa

Bos KAI Dorong Pemerintah Bangun Jalur Ganda Di Luar Jawa - Kali ini Pusat Otomotif akan mengulas artikel Otomotif terbaru berjudul Bos KAI Dorong Pemerintah Bangun Jalur Ganda Di Luar Jawa yang dikutip dari Otosia.com. Jika anda ingin mengetahui lebih detail mengenai artikel Bos KAI Dorong Pemerintah Bangun Jalur Ganda Di Luar Jawa, anda bisa menyimak artikel kami tentang Bos KAI Dorong Pemerintah Bangun Jalur Ganda Di Luar Jawa dibawah ini.
Bos KAI Dorong Pemerintah Bangun Jalur Ganda Di Luar Jawa



Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan mendorong pemerintah untuk membangun rel ganda (double track) di luar Jawa. Infrastruktur ini sangat dibutuhkan untuk menghubungkan banyak daerah."Kondisi perkeretaapian kita cenderung dibutuhkan di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua. 25 ribu kilometer double track di 4 pulau itu lebih dibutuhkan daripada proyek kereta cepat (high-track) Jakarta-Bandung," ujar Jonan di Jakarta Convention Center, Rabu (3/9).Dengan kata lain, menurut Jonan, pemerintah harus mengutamakan alokasi anggaran untuk membangun double track di luar Jawa. Jika tuntas dan ada kelebihan anggaran, pemerintah baru bisa membangun transportasi rel canggih lainnya."Kalau ada uangnya nggak apa-apa bangun high track Jakarta-Bandung. Tapi kalau nggak ada supaya masyarakat di Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Papua kalau mau naik kereta nggak perlu ke Jawa dulu," jelas dia.Jonan menambahkan, keberadaan double track membuat kapasitas angkut transportasi di luar Jawa meningkat. Sebagai ilustrasi, saat ini, kapasitas angkut di Jawa mencapai 7.000 TEUs-8.000 TEUs per minggu, lebih tinggi ketimbang lima tahun lalu sebelum ada double track yang hanya 1.000 TEUs-1.500 TEUs per minggu."Menurut kami sebagai operator, pembangunan infrastruktur di Indonesia luas sekali, kesempatan masih banyak, double track perlu terus dikembangkan," ungkap dia.Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub mengumumkan bahwa jalur ganda lintas utara Kandangan-Surabaya Pasar Turi sepanjang 8 kilometer resmi dioperasikan. Ini merupakan segmen terakhir untuk pembangunan jalur ganda antara Cirebon-Surabaya sepanjang 727 km.Kemenhub mengklaim, jalur ganda itu membuat kapasitas angkut dan frekuensi perjalanan kereta api meningkat sebesar 200-300 persen.Pengoperasian ini mengalami keterlambatan dari jadwal semula Juni 2014. Sebab, ada hambatan dalam pembebasan lahan untuk pengadaan akses jalan masyarakat di Jalan Demak dan Jalan Duku di Surabaya.Pembangunan jalur ganda bertujuan meningkatkan kapasitas lintas dan mengurangi persilangan perjalanan kereta api. Sehingga, waktu perjalanan, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM), dan emisi truk kontainer bisa berkurang. Selain itu, tingkat keselamatan perkeretaapian meningkat

Sekian Berita Otomotif terbaru dari kami mengenai Bos KAI Dorong Pemerintah Bangun Jalur Ganda Di Luar Jawa. Harapan kami artikel seputar Otomotif yang berjudul Bos KAI Dorong Pemerintah Bangun Jalur Ganda Di Luar Jawa ini bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa terus kunjungi Pusat Otomotif untuk mendapatkan berita seputar Otomotif setiap harinya.